Day 19 : Ngomongin Fobia Lagi, yuk! #30DaysBlogWriting



Fobia adalah ketakutan yang berlebihan pada sesuatu, biasanya pada hal-hal yang dianggap biasa saja oleh orang lain. Fobia pada seseorang bisa terjadi karena adanya trauma akan hal tersebut yang terjadi dimasa lalu. Kasus saya adalah fobia Kucing atau bisa disebut Ailurophobia. 

Benar, saya punya trauma sendiri terhadap hewan itu, waktu kecil saya punya pengalaman yang tidak menyenangkan yang akhirnya membuat saya tidak berani lagi menghadapinya.

Paling parah adalah saya demam tinggi karena shock melihat hewan itu sudah berada tepat dibadan saya, ini sebuah candaan seorang guru saat itu yang merasa ketakutan saya hanyalah sebuah gurauan, namun setelah kejadian itu, akhirnya mereka mulai paham apa yang terjadi jika saya berhadapan dengan itu dan mulai menjaga saya.

Apa yang dirasakan ketika melihat hewan tersebut?
Detak jantung meningkat, tangan menjadi basah, disuatu kondisi saya bisa langsung panik dan jadi sulit bernafas. Benar, bagi saya ini sangat-sangat menakutkan.

Fobia slalu dianggap remeh oleh orang yang tidak mengidapnya, padahal bagi yang punya fobia itu bisa jadi ancaman untuk keselamatannya sendiri. Fobia juga macam-macam, ada yang fobia tempat gelap, badut, ketinggian, dan lainnya.

Keganggu gak dalam kehidupan sehari-hari? Buat saya sih nggak ya, karena orang terdekat saya paham betul dengan fobia saya ini, jadi dirumah kita gak pelihara, dulu waktu ngekos juga teman-teman juga cukup perhatian, jadi mereka emang ngejaa saya biar tidak berinteraksi dengan hewan itu.

Mungkin sepele bagi orang-orang, tapi mereka gak pernah tau apa yang saya hadapi hingga meninggalkan trauma segitu dalamnya. Yang gak penting buat kamu, belum tentu gak penting buat orang lain.

Ada yang punya fobia juga?



Till next post! 

Share:

0 Comments