Ramadan, PO Buku, dan JNE.

Mari kita mulai kisah ini dengan mendengarkan cerita tentang salah satu hobi saya, yaitu Baca. Novel fiksi lebih tepatnya, selain itu saya masih rajin membaca 1 serial komik, Detective Conan, dan beberapa tahun yang lalu masih rajin berlangganan sebuah majalah.

Salah satu penulis favorit saya adalah Ika Natassa. Saya berkenalan dengan tulisan kak Ika pertama kali saat membaca A Very Yuppy Wedding saat masih kuliah. Novel itu sangat berkesan untuk saya, karena cara penulisan kak Ika menurut saya sangat mudah dipahami, dan penuh makna. Setelah itu saya tak pernah ketinggalan judul-judul yang lain seperti Divortiare, Antologi Rasa, Twivortiare, Twivortiare 2, Critical Eleven, terkecuali Underground. Antologi Rasa is my favorite so far.

Dari sini kisah ini bermula.
Tepat 1 Juni lalu, kak Ika kembali membuka PO (Pre Order) buku terbarunya yang berjudul The Architecture Of Love, cerita yang sebelumnya dari Poll Story yang bekerja sama dengan Twitter Indonesia, dimana para followers-lah yang menentukan kelanjutan cerita selanjutnya, dan ini pun selalu saya ikuti, karena saya salah satu follower-nya kak Ika. Singkat cerita, setelah berkali-kali gagal dapat PO buku-buka kak Ika yang bertanda tangan, kali ini saya bertekad agar berhasil mendapatkannya.
Ada beberapa toko buku online yang bekerja sama dalam PO kali ini, dan saya memutuskan untuk mencoba PO di Bukularis.com, dan ya...saya berhasil PO, untuk pertama kali. Hoaaaaa...senengnya pake banget. Udah kebayang bakal posting di Instagram, pamer bisa baca bukunya duluan sebelum beredar di toko-toko buku plus dapat tanda tangan pula!

Ekspetasi memang ga selalu sesuai dengan realita.
Yang kemudian terjadi adalah...
Pas mau transfer, atm ke blokir. Karena...iya, lupa pin! Oke, yang ini emang bego aja, karena lupa kalo udah ganti pin baru. Dan, akhirnya mesti ke bank untuk transfer langsung, karena mau ngurus atm yang ke blokir cukup makan waktu dan ga sempet, mesti buru-buru ngantor.

Beres soal transfer, dapat email dari bukularis.com kalo konfirmasi pembayaran telah diterima. Lega!

Cek twitter, ternyata pengiriman buku PO nya dimajuin beberapa hari (sebelumnya tanggal 10 Juni).

Kita tinggalkan sejenak soal PO buku TAoL, tanggal 06 Juni kemaren adalah hari pertama puasa, sialnya...hari pertama ga bisa ikutan puasa karena lagi dapet. Sedih, kangen banget bisa puasa full satu bulan, bukan apa-apa sih, mengganti puasa di hari lain itu kalo ada temennya sih enak, kayak waktu masih di pondok dulu, tapi kalo sekarang sendiri, ga seru, ga ada yang nemenin. But, yaa...namanya kewajiban, mesti dijalanin.

Day by day...back to PO TAoL, liat ditwitter per-tanggal 08 Juni, sudah ada yang mendapatkan kiriman buku, I just wait patiently, mungkin karena lokasi saya yang berada diluar kota butuh waktu beberapa hari.

Kemudian, cek twitter lagi, buku TAoL, akan ada di toko-toko buku lebih cepat dari seharusnya, saya mulai berpikir, jangan-jangan buku PO saya kalah cepat dengan masuknya buku itu ke toko buku.
And, I am right.
Per-tanggal 10 Juni, buku TAoL sudah beredar dibeberapa toko buku, dan saya masih menanti buku tersebut sampai kerumah.
Karena ga pasti, saya pun mengirim pesan ke bukularis.com untuk meminta no.resi pengiriman, biar saya cek sendiri ke JNE nya.

Dan dari penulusaran saya, per-tanggal 11 Juni, paket buku tersebut sudah sampai ke Pekanbaru.
I still wait patiently.
Oh...mungkin karena hari sabtu, jadi diantarnya hari senin. Okey, I am waiting.
Padahal sedikit kecewa, karena di toko buku sudah ada, sementara saya yang ikut PO dengan harapan bisa dapat duluan, justru belum mendapatkannya sama sekali.

Sabar, lagi puasa, kudu sabar.

Senin berlalu, Selasa udah lewat, buku pun belum sampai.
Saya pun mengunjungi JNE, mungkin alamat saya ga ketemu (masih coba untuk mikir positif sama ini orang-orang JNE) jadi paketnya belum sampai.

Sampai di JNE, saya minta dicek no.resi nya, trus mereka bilang, paketnya ada di JNE pusat, dan mereka bilang mungkin sebaiknya saya mengambil kesana, dimana si JNE pusat ini letaknya jauuuuuuuuuuhhhhhh banget dari rumah saya. PR BANGET! *mulaiemosi
Mas-mas JNE nya bilang, "itu barangnya udah pernah diantar kak, mungkin pas ngantar ga ada orang dirumah, atau alamatnya ga ketemu"
"Kalo memang keadaannya begitu, kurirnya kan bisa telp saya, biasanya juga gitu, tapi kali ini ga ada telpon masuk ke saya" *tariknafas
"Satu-satunya solusi ya langsung datang kesana kak, paketan yang masuk lagi banyak, mungkin kelewat" kata mas-nya lagi. Karena inget lagi puasa dan kudu sabar, akhirnya pulang kerumah dengan langkah gontai capek habis pulang kerja dibalut rasa kecewa.

Envy rasanya liatin komen orang-orang yang udah baca duluan TAoL, apalagi yang posting hasil dari PO.
Akhirnya, dengan rasa penasaran yang tinggi, dan emosi sama JNE yang ga nganter-nganter paketnya, Rabu, 15 Juni, akhirnya saya ke JNE pusat, dengan berbekal hasil print tracking.

Saat tiba, sudah jam 16.30 wib, saya pun masuk ke ruang pengambilan paket, dan surprise...yang ngantri banyak, rame! Mau balik rasanya sayang, udah nyampe sini, tapi liat antriannya yang panjang takut ga keburu buka puasa dirumah. Tapi, akhirnya saya tetap ikut antri juga.
5 menit...
10 menit...
30 menit...
Sampai juga giliran saya. Saya menyerahkan print tracking tadi ke petugas JNE nya, dan dengan santainya mas itu nanya, "ini apa mbak?"
What the h***
Astghfirullah...lagi puasa... *tepokjidat
"itu hasil trackingnya mas, bisa dicek gak no.resinya?" jawab saya sesantai mungkin kayak dipantai.
5 menit kemudian...(setelah dicek)
"Barangnya masih di KARUNG, tunggu aja dulu" kata mas-nya dengan selow kayak dipulau.

See...
Barangnya masih di KARUNG. Bukannya karena mereka ga nemu alamat, atau ga ada orang dirumah.
Itu nyampenya tgl. 11 Juni, dan di tgl. 15 nya masih di KARUNG. Wth.

I'm waiting again, sambil lirik jam tangan.
5 menit...
10 menit...
30 menit...
45 menit...

"Atas nama Tia..." akhirnya paketan saya ketemu.

Setelah menunggu hampir 1,5 jam dan nyaris buka puasa dijalan, paketnya pun saya terima.


After all this happened, kapok gak ikutan PO?
Asli, kapok.

Kecuali kalo PO nya posisi saya sedang di Jakarta, ga masalah deh.

Kapok ga beli buku online?
Yes. Mending langsung ke toko buku aja deh, lebih pasti dapetnya, ga nunggu kelamaan.

Masih pengen pake JNE gak kalo ngirim barang?
Better not. Kecuali kalo ga ada pilihan yang lain lagi.

Share:

0 Comments