Mini Review: Jelita Sejuba



Senang sekali rasanya bisa menonton film-film bagus akhir-akhir ini. Satu lagi film yang sudah masuk bucket list untuk ditonton, Jelita Sejuba. Awal tertarik karena shootingnya di Natuna, salah satu pulau yang ada di Kepulauan Riau, dan tentu saja latar belakang budaya Melayu nya yang makin membuat saya penasaran.

Jelita Sejuba bercerita tentang kisah Syarifah yang bertemu dengan seorang pemuda dengan latar belakang Tentara yang sedang bertugas di Natuna. Singkat cerita akhirnya mereka menikah, dan disinilah alur cerita mulai terasa dukanya. Sebagai istri seorang tentara mesti rela ditinggal hingga berbulan-bulan lamanya. Sungguh ku tak bisa begitu. Dan jadi salut, sumpah...angkat topi sama istri-istri para prajurit yang bisa menerima konsekuensi pekerjaan suami mereka. Ku tak sanggup rasanya harus menjalani semua itu seorang diriiii...eh.

Film ini mengambil cerita dari sisi istri seorang tentara, entah kenapa rasanya sangat menyentuh dan membuat saya berkali-kali berucap...susah juga ya jadi istri prajurit, tapi mesti ikhlas, gimana donk, udah sayang, udah mantap, udah milih.

Yang menarik dari film ini adalah, kita bisa melihat bagaimana cantiknya Pulau Natuna itu, dan bikin pengen kesana, tapi apadaya tiket kesana itu mahal sodara-sodara. Selain itu juga unsur-unsur Melayu-nya juga kental sekali, dari bahasa, hingga musiknya. Selain Laskar Pelangi, film ini menjadi film dengan budaya Melayu yang indah sekali. Iya, saya seorang gadis melayu yang juga mencari abang dari melayu *curhat.

Aktingnya Putri Marino juga keren, dia seolah-olah memang anak Natuna asli, walau beberapa kata dalam bahasanya masih campur, tapi dia nyaris sempurna memainkan perain Syarifah ini. Dan Wafda, hmmm...saya gak tahu apa dia sebelumnya pernah main film atau sinetron, tapi aktingnya pun tak kalah bagusnya, dan pas memerankan seorang tentara.

Ini film underrated banget, layarnya pun tak banyak. Saat saya menonton film ini, hanya ada dua bioskop yang menayangkannya, dengan jumlah penonton yang juga tidak cukup banyak. Kayaknya sih kamis ini filmnya udah turun layar, karena ada film baru yang juga akan keluar.

A must watch movie.

Share:

0 Comments