Trip to KL Part.2: Batu Caves

Pagi pertama di KL, kami menuju Batu Caves yang berjarak 30 menit dari pusat kota. Untuk menuju Batu Caves, dari hotel kami naik LRT menuju KL Sentral. Beruntung, hotel kami tepat berada dekat dengan stasiun LRT, jadi turun dari hotel langsung masuk ke stasiun Plasa Rakyat.

Dari beberapa blog yang saya baca, untuk naik LRT, MRT, atau commuter bisa dengan membeli kartu Rapid KL (kalau di Jakarta semacam e-Money, dll), tapi saya memutuskan untuk membeli tiket harian saja, jadi kalau mau naik kereta baru beli tiketnya.

Tiketnya berbentuk koin, di-tap saat masuk dan keluar stasiun

Map rute kereta, wajib punya jadi tahu mau kemana naik apa dan dimana turunnya

Sampai di KL Sentral kami memutuskan untuk sarapan dulu, nyarinya yang gampang aja dan cepat penyajiannya. Yak, betul! Kami sarapan di McD, hahahaha.

Berdua kalo gak salah habis 7 RM buat sarapan

Selesai sarapan kami lalu membeli tiket commuter untuk menuju Batu Caves, sekali jalan sekitar 2 RM/orang.

Lebih kurang 30 menit, kami pun sampai di Batu Caves. Keluar dari stasiun sudah langsung masuk kawasan wisata ini, jadi gak perlu bingung dari stasiun naik apa, tinggal jalan kaki sebentar doank, dan sampai deh.

Tangga ini menuju Gua yang ada diatas sana, jumlah anak tangganya ada 272. Iseng-iseng searching banyakan mana anak tangga naik ke gua ini dengan anak tangga yang menuju Kawah Bromo, dua-duanya sama-sama bikin lutut rasanya mau copot, dan hasil googling adalah: Kawah Bromo, 250 anak tangga, dan Batu Caves, 272 anak tangga. Yang ini lebih banyak ternyata, fiuuhhhh. Selama perjalanan naik, ada beberapa kali berhenti untuk mengatur nafas, rasanya gak sanggup, tapi udah kadung setengah jalan, tetap semangat dan malu kalah kuat sama nini-nini dari negri sebrang sana.

Guanya luaaaaaaaaaassssss banget, begitu masuk ke dalam berasa kayak lagi di India, didalam sini ada kuil, jadi orang Hindu yang datang kesini memang untuk beribadah, jadi ada baiknya tetap respek dan gak nyampah. Masih ada anak tangga lagi didalam untuk menuju sebuah kuil yang ada diatas, namun karena kaki Hayati yang sudah tak sanggup untuk naik, akhirnya kami memutuskan untuk foto-foto saja.

Ada banyak monyet disekitar sini, jadi kalau bawa plastik harap berhati-hati. Mangga kami sukses diambil paksa oleh monyet dalam gambar ini.

Salah satu patung dekat pintu masuk

Lebih kurang dua jam mengitari Batu Caves, sebelum Zhuhur kami pun bergerak keluar untuk naik kereta berikutnya menuju mesjid Jamek.

Seeyaaaa...

Note:
- Kalau mau kesini sebaiknya saat masih pagi dan jadi tujuan yang pertama, karena belum terlalu panas dan juga lumayan jauh tempatnya dari kota, jadi dari sini masih punya waktu untuk main-main di kota.
- Pakailah pakaian yang sopan, dipintu gerbang menuju Gua ada penjaga yang akan memberi kain bagi pengunjung yang 'kurang sopan' pakaiannya.
- Diatas sana ada yang jualan minuman kok, jadi gak perlu takut kehausan sampai diatas.
- Rute balik dari Batu Caves sama dengan perginya, berhenti di KL Sentral trus silahkan pindah ke jalur tujuan yang berikutnya.